Safari Berburu NTB 2017

IMG-20170817-WA0031

Serangan babi hutan terhadap perkebunan milik masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam beberapa tahun terakhir kian memprihatinkan. Binatang pengerat ini tak hanya memakan hasil pertanian yang sudah siap panen, namun juga merusak tanaman yang baru beberapa bulan ditanam. Kondisi ini menjadi perhatian cukup serius dari kalangan hunter dari Pengprov Perbakin NTB.

Sebagian hasil buruan Safari Berburu.

Sebagian hasil buruan Safari Berburu.

Karena itu, pada Juli lalu para pemburu dari Pengprov Perbakin NTB menggelar kegiatan Safari Berburu NTB Tahun 2017. Dalam pelaksanaannya, agenda tahunan kali ini tak hanya berburu babi hutan saja, melainkan dikemas dalam kegiatan Bakti Sosial.

Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk membantu para petani dalam mengurangi populasi hama babi hutan yang merusak tanaman. Bakti sosial ini juga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan akibat bencana banjir pada tahun sebelumnya khususnya di wilayah kabupaten Bima.

Tujuan lainya adalah meningkatkan keterampilan para atlet berburu dalam melaksanakan kegiatan olahraga menembak dan berburu, serta meningkatkan tali silaturahmi dan persaudaraan antara sesama anggota Perbakin di seluruh Indonesia.

Sambutan dan pertukaran cinderamata dari Komandan Korem Satya Wira Yudha, Kol.Inf Farid Ma'ruf MA, Ketum Pengprov NTB, Bpk. I.G.L Bratasuta, SH, MH bersama Sekretaris Perbakin Surabaya, Dhani Artono, S.H, Korlap Safari Berburu, Erik E. Prasetyo, S.H, dan Sekum Perbakin Rinjani I Made Wisuda.

Sambutan dan pertukaran cinderamata dari Komandan Korem Satya Wira Yudha, Kol.Inf Farid Ma’ruf MA, Ketum Pengprov NTB, Bpk. I.G.L Bratasuta, SH, MH bersama Sekretaris Perbakin Surabaya, Dhani Artono, S.H, Korlap Safari Berburu, Erik E. Prasetyo, S.H, dan Sekum Perbakin Rinjani I Made Wisuda.

Kegiatan yang diadakan bersamaan dengan peringatan HUT PERBAKIN yang ke – 57 pada 17 Juli 2017 ini tidak terlepas dari hasil evaluasi kegiatan Safari Berburu NTB Tahun 2016 yang lalu. Berawal dari beberapa orang peserta Safari tahun 2016 yang merupakan atlet buru Perbakin Kota Surabaya yang berkunjung ke NTB dalam rangka Silaturahmi dengan pengurus Pengprov Perbakin NTB dan Jajaran TNI – POLRI di NTB sebelum berangkat ke wilayah Safari Berburu tahun 2016, yaitu Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu.

Begitu saat ke wilayah tempat Safari, sebelum melaksanakan kegiatan berburu, para atlet buru tersebut menyempatkan melapor kepada Pengkab/Pengkot Perbakin setempat dan kepolisian setempat. Hal ini menjadi contoh tindakan yang sepatutnya dilakukan sebagai peserta Safari agar mudah dalam koordinasi dan komunikasi.

Pelaporan kehadiran Tim Baksos dan Safari Berburu NTB 2017 pada Wakil Bupati Bima, Drs H. Dahlan H.M Noer beserta Kapolresta Kabupaten Bima AKBP Eka Faturrahman di Kantor Kabupaten Bima.

Pelaporan kehadiran Tim Baksos dan Safari Berburu NTB 2017 pada Wakil Bupati Bima, Drs H. Dahlan H.M Noer beserta Kapolresta Kabupaten Bima AKBP Eka Faturrahman di Kantor Kabupaten Bima.

Dengan dasar tersebut, dan atas persetujuan Pengkab / Pengkot Perbakin di wilayah Bima dan Bompu maka Pengprov Perbakin NTB mengirimkan Surat Ucapan Terima Kasih dan kemudian mempersiapkan pelaksanaan Safari pada Tahun berikutnya yang sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku, untuk memperbaiki kekurangan – kekurangan pada pelaksanaan Safari Tahun 2016.

Atas Permintaan Bupati

Kegiatan Safari Berburu NTB ini juga dilatarbelakangi adanya permintaan dari Bupati yang wilayahnya terdapat hama atau dilanda hama babi hutan yang merupakan satwa liar dan saran dari Tim Teknis Pertimbangan Perburuan, Ketua Bidang Berburu P.B. PERBAKIN membuat jadwal kegiatan rencana Safari Berburu dengan berkoordinasi dengan Pengprov Pelaksana dan Pengprov Peserta.

Berdasarkan Surat Undangan Kepala Daerah tersebut, Pengprov Perbakin NTB membuat surat undangan yang ditujukan kepada Pengkot Perbakin Surabaya dan tembusan kepada Pengprov Perbakin Jatim dan PB. PERBAKIN.

Sebagian dokumentasi untuk kegiatan bakti sosial dalam Safari Berburu.

Sebagian dokumentasi untuk kegiatan bakti sosial dalam Safari Berburu.

IMG-20170817-WA0018

Hal ini merupakan bentuk penghargaan dari Pengprov Perbakin NTB kepada Pengkot Perbakin Surabaya yang telah berkenan menjalin silaturahmi yang sangat baik terhadap Pengprov Perbakin NTB pada saat kegiatan Safari Berburu NTB Tahun 2016 yang lalu, yang diwakili oleh beberapa atlet buru Pengkot Perbakin Surabaya.

Setelah menerima Surat Undangan dari Pengprov Perbakin NTB dengan didasari Undangan Kepala Daerah setempat, Pengkot Perbakin Surabaya membentuk team untuk mendukung Panitia Pelaksana Safari Berburu NTB Tahun 2017, dengan tujuan untuk membantu kinerja Panitia inti dalam hal koordinasi, seleksi peserta dan lain – lain yang menyangkut persiapan dan pelaksanaan Safari.

Tim tersebut mulai bekerja diawali dengan pembukaan pendaftaran peserta dan seleksi calon peserta safari. Seleksi dilakukan berdasarkan kelengkapan administrasi KTA Perbakin Bidang Berburu, Buku Pas Senjata Api, Akte Buru dari BKSDA, SIASA, Amunisi, kelengkapan Kendaraan, Peralatan, Cek Fisik Senjata Api dan yang paling utama adalah penilaian terhadap personal selama menjadi anggota Perbakin yang mencakup loyalitas, integritas, disiplin dan tidak tercela.

Kegiatan Safari Berburu NTB ini berlangsung aman dan berhasil merobohkan cukup banyak babi hutan yang selama ini sudah menjadi hama menyeramkan bagi para petani di sekitar lokasi perburuan. (A. Kholis)

Galeri Foto

Malam ramah tamah, peserta Baksos-Safari Berburu NTB 2017 dengan Pengawas Pelaksanaan dari PB Perbakin Pusat Jakarta, Frans Pesch dan Agung Prabowo.

Malam ramah tamah, peserta Baksos-Safari Berburu NTB 2017 dengan Pengawas Pelaksanaan dari PB Perbakin Pusat Jakarta, Frans Pesch dan Agung Prabowo.

IMG-20170817-WA0036

IMG-20170817-WA0047

Salah satu hasil buruan di malam hari.

Salah satu hasil buruan di malam hari.

ntb-1

IMG-20170817-WA0022

IMG-20170817-WA0037

IMG-20170817-WA0029

IMG-20170817-WA0025

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>