Safari Kecil Berburu ke Bengkulu

foto berburu 1_011

Sebagai hunter, tak selamanya memburu target bidikan menjadi fokus utama selama berada di lokasi perbuaruan, meskipun cukup banyak target yang bisa ditembak. Ada kalanya, kami hanya sekadar ingin menikmati indahnya suasana keasrian hutan dan pemandangan menakjubkan di sekitar medan perburuan.

Seperti yang sudah kami lakukan dalam aktivitas safari kecil perburuan pada 5 -8 Januari 2019 lalu. Seperti biasa, hutan di sekitar Ipuh, Bengkulu Utara menjadi lokasi favorit berburu kami.

Dalam Safari kecil kali ini, saya mengajak senior hunter Hadi Kusuma (Tjin Yap) dari Kota Bogor, Jawa Barat. Kami berangkat dari Jakarta bersama kru Puma Group. Seperti dalam perburuan sebelumnya, kru berburu (Kamil dan Iman) berangkat lebih awal dengan kendaraan berburu kami melalui jalan darat. Kami para hunter menyusul di hari berikutnya.

Saya dan hunter Prayit dari bengkulu.

Saya dan hunter Prayit dari Bengkulu.

Di basecamp milik Puma Group di Ipuh, sudah menunggu hunter Prayit. Hunter ini merupakan kawan lama kami para pemburu dari Jakarta dalam medan perburuan babi hutan. Sebagai hunter yang bermukim di Bengkulu, dia tahu persis medan perburuan di sana.

Sebelum aktivitas perburuan dimulai, sudah menjadi SOP (standar operasional prosedur) kami untuk melakukan zeroing. Memastikan senjata yang akan kami gunakan masih layak dan siap secara teknis. Zeroing kami lakukan di sekitar area basecamp.

Kami memulai aktivitas perburuan pada malam hari, pukul 23.30. Kami ngeblor di perkebunan sawit di lahan seribu dekat basecamp. Kami memilih waktu ini, karena inilah saat-saat babi hutan keluar dari sarangnya untuk mencari makan di perkebunan milik warga di sekitar hutan.

Babi hutan di sekitar hutan Ipuh dikenal cukup banyak habitatnya. Mereka seringkali merusak tanaman perkebunan milik warga di sini. Meski memiliki habitat cukup banyak, namun kami para hunter tidak bisa semaunya menembak. Kami tetap mempertimbangkan keseimbangan lingkungan untuk tetap dijaga.

Kebersamaan kamai para hunter selama aktivitas perburuan. Kenikmatan yang sulit dilewatkan.

Kebersamaan kami para hunter di sela-sela aktivitas perburuan. Kenikmatan yang sulit dilewatkan.

Itu pula yang menjadi salah satu alasan kami dalam perburuan kali ini, tidak fokus pada hasil bidikan, namun lebih pada menikmati suasaan medan perburuan di malam hari dan keindahalan alam di saat siang hari.

Menjalin pertemanan dan suasana persudaraan juga menjadi momen yang tak pernah kami lewatkan. Di sela-sela kegitana berburu, kami bisa menikmati durian Bengkulu yang kebetulan saat ini sedang musim. MampirĀ  di kedai pinggir jalan dengan menu jajanan ala kadarnya, juga menjadi kebiasaan nikmat bagi kami.

Dalam perburuan kali ini, kami hanya membidik 3 ekor babi hutan dengan ukuran cukup besar, 60 kg (2 ekor) dan 80 kg (1 ekor). Babi hutan terberat berhasil dibidik oleh saya dan senior hunter Hadi Kusuma.

Salam perburuan.

Kendrariadi, Senior Hunter Puma Gorup Pengda Perbakin DKI

GALERI FOTO

Musim durian di Bengkulu, menambah gairah aktivitas perburuan kami.

Musim durian di Bengkulu, menambah gairah aktivitas perburuan kami.

Saya dan Senior Hunter Hadi menikmati durian Bengkulu.

Saya dan Senior Hunter Hadi Kusuma menikmati durian Bengkulu.

daya dan para hunter menikmati durian di basecamp Puma Group, Ipuh, Bbengkulu.

Saya dan para hunter menikmati durian.

 

Melepas dahaga dengan kelapa ijo di warung pinggir jalan di Bengkulu, merupakan suasana yang luar biasa nikmat.

Melepas dahaga dengan kelapa ijo di warung pinggir jalan di Bengkulu, merupakan suasana yang luar biasa nikmat.

Para kru kami yang selalu setia mendampingi aktivits perburuan Puma Group.

Para kru kami dan hunter yang selalu setia mendampingi aktivitas perburuan Puma Group.

Foto bersama dengan hasil buruan, menjadi momnet yang tak pernah kami lupakan.

Foto bersama dengan hasil buruan menjadi momen yang tak pernah kami lupakan.

Foto bersama hasil bidikan di malam hari.

Foto bersama hasil bidikan di malam hari.

 

Eksotisme alam Bengkulu yang membuat kami selalu rindu untuk kembali kesana.

Eksotisme alam Bengkulu yang membuat kami selalu rindu untuk kembali ke sana.

 

Keindahan alam Bengkulu saat mentari akan terbenam.

Keindahan alam Bengkulu saat mentari akan terbenam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>