Berburu sudah menjadi hobi olahraga besar di Amerika, bahkan telah menjadi tradisi bagi penduduk di sana. Di Amerika diperkirakan 70 % penduduknya memiliki senjata api, baik berupa rifle, hand gun, shot gun, dan lainnya. Jadi bisa dikatakan Amerika memiliki tentara sangat besar, sebab penduduk sipil juga punya senjata untuk berburu ataupun self defence.

Sekarang kita kembali  ke topik kita, yaitu berburu. Di Oklahoma setiap hunter harus punya hunting licence dan juga Tag (izin membawa binatang buruan). Biaya pengurusan izin tahunan sebesar US$ 20 dan Tag juga US$ 20 untuk berburu deer (rusa).



Pada tahun 1979, saya membeli life time hunting licence cuma US$ 125, tapi sekarang sudah jadi US$ 600.  Dengan memiliki  life time licence, kita tidak usah membeli lagi licence. Untuk orang dari luar Oklahoma, juga diperbolehkan berburu deer di Oklahoma. Hanya saja, deer tag-nya US$ 250 per ekor. Sama saja kalau saya berburu di luar Oklahoma, saya juga harus bayar sekitar itu. Malah ada yang lebih tinggi. Sementara untuk berburu Elk (semacam rusa berukuran besar dengan tanduk bercabang) di Colorado tag-nya mencapai US$ 500. Dapat atau tidak binatangnya, harus tetap bayar tag sebesar itu.

Di Oklahoma, deer hunting tetap sebagai Top Big Game, kemudian dikikuti Turkey dan babi hutan. Sementara untuk small game-nya seperti berburu tupai, kelinci, ayam hutan dan burung puyuh.


Jenis babi hutan yang tersebar di Amerika lain dengan yang ada di Indonesia. Asal mulanya adalah Russian boar, kawin dengan babi peliharaan yang lepas yang kemudian jadi liar. Jadi kalau Anda lihat di TV, warnanya macam-macam. Ada yang belang-belang coklat hitam dan lainnya. Seperti yang pernah saya tembak saat berburu, lain sekali dengan babi hutan di Indonesia yang rata hitam mulus. Babi hutan di Amerika bentuk badannya hampir mirip dengan babi peliharaan. Bulunya banyak sekali dan moncongnya juga lebih pendek.

Waktu saya  menembak, babi ini keluar dari persembunyiannya bersama rombongan babi lainnya. Jumlahnya hampur 50 ekor. Ukurannya bercampur, ada yang masih kecil-kecil dan ada juga yang besar. Saya pilih salah satu yang terbesar, karena cuma mau saya ambil fotonya sebagai koleksi saja.

Saya tembak dengan senjata Thomson Center Encore single shot cal 7 mm-08 Remington. Good caliber untuk deer juga. Selongsongnya seperti 308 Win, cuma diameter bullet-nya .280/7 mm Mauser.  Lain kali bisa saya bahas secara detail soal kaliber peluru.

Top Big Game

Seperti yang sudah saya sampaikan, bahwa berburu rusa di Oklahoma merupakan Top Big Game, juga di seluruh Amerika. Top Big Game ini merupakan favorit saya selama tingal di Oklahoma. Tiap tahun saya selalu ambil cuti khusus untuk deer hunting. Di sini saya bersama tujuh hunter teman saya  menyewa tanah seluas 1.000 acre atau kira 250 hektar. Di situ cukup banyak rusanya. Kami sewa per acre US$ 5.50. 

Di sini banyak juga tanah milik pemerintah untuk hunting. Tapi untuk keamanan, kami lebih mantap memilih sewa saja. Area perburuan yang sudah kami sewa, tidak boleh dimasuki oleh pemburu lain. Nah, di tanah sewa kami itu kami tanami dengan winter wheat. Kami juga masukan feeder (semacam tempat untuk umpan binatang buruan) yang diisi dengan jagung. Kami bisa set waktunya. Biasanya  jam 3 sore sebelum kami posterin/ngintip dan kalau pagi antara jam 8 pagi.


Feeder ini dipakai di seluruh Amerika untuk deer hunting. Di samping itu kita juga bisa pasangi kemera, sehingga kita bisa tahu apa saja binatang yang makan di feeder dan juga  bisa tahu berapa besar rusa yang selalu datang makan. Di group hunting kami, setiap hunter punya trailer yang untuk tidur. Kami juga buat small base camp untuk kumpul-kumpul makan. Selain itu, kami juga punya hot shower yang kami bangun bersama. Biasanya, kalau muzzleloader, kami tinggal 9 hari penuh. Sedangkan kalau rifle, kami tinggal selama 16 hari.

Saat berburu, kami juga bawa ATV (sepeda motor beroda empat). Fungsinya  untuk angkut rusa dan juga untuk pasang tree stand. Hunter di sini, kalau hunting hanya nyanggong/mengintip dengan tree stand atau dengan blind. Penggunaan blind mulai populer untuk Big Game Hunting. Bentuknya seperti tenda, tapi materialnya dari bahan camo. Kami bisa membawa kursi untuk duduk di dalamnya. Perlengkapan ini bagus dipakai kalau pas hujan air atau hujan salju. Jendelanya banyak dan kami buka waktu untuk menembak. Tinggi rendahnya tree stand dibuat sesuai kebutuhan kita. Tapi rata-rata antara 10 – 20 ft.

Selain itu, ada juga yang menggunakan call Tower Blind. Seperti tree stand, tapi tertutup dan bisa di tempat terbuka, sehingga tidak tergantung sama pohon sekitarnya.

Saat berburu, group hunting kami punya aturan. Kalau rusanya tidak 8 point/beranggahnya, tidak akan kami tembak. Rusa itu kiami biarkan agar menjadi besar lagi.  Jadi, di sinilah seni kita berburu. Tidak asal membunuh. Kami tetap menikmati olahraga dan berburunya.

Mencari Trophy

Di Amerika, hunting merupakan bisnis besar. Kalau mau cari Trophy, bisa dengan guide/out fitter. Tapi yang agak murah antara US$ 2.000  sampai U$ 5.000. Ini untuk hunter yang serius cari trophy. Untuk cal deer rifle, saya buat Custom Action-nya Rem 700. Barrelnya Hart. Senjata ini top di Amerika. Trigger-nya Jewell untuk bech rest. Ini juga top trigger untuk custom riflle di Amerika. Dan, favorit cal saya 270 win dengan 140 grn Nosler Partition/Accubond.


Untuk berburu di Oklahoma, saya reload segala peluru. Saya mempelajari sejak tahun 1980. Lain kali saya bahas sendiri tentang reloading untuk menambah pengetahuan bagi teman hunter yang ingin tahu how to reload bullet.

Di Oklahoma, Big Game yang baru saja dilegalkan adalah menembak beruang. Tapi hanya boleh 60 ekor yang diambil. Sementara untuk Elk di Oklahoma tidak banyak. Semua Elk di sini berada di hutan lindung dan biasanya dapat berburu binatang ini kalau menang undiannya. Saya sudah pernah ikut undian lebih dari 25 tahun, tapi belum pernah menang undian. Yang diundi sekitar 125 ekor Elk, sementara hunter yang ikut undian mencapai 15 ribu hingga 20 ribu lebih. Di sini saya beburunya dengan menggunakan archery/panah, rifle, muzzleloader dan pistol.

Perlu juga dijelaskan kalau berburu dengan rifle hunter wajib menggunakan vest atau jaket dan topi berwarna orange. Orange adalah warna yang terlihat kabur dalam pandangan binatang buruan. Dan berburu di sini baru bisa dimulai setengah jam sebelum matahari terbit dan setengah jam sesudah matahari terbenam. Ya semuanya ada peraturannya. Saya beruntung sekali hidup di Amerika, karena hobinya mainan senjata dan hobi lainnya terpenuhi. Kini, saya sudah mengoleksi senjata untuk berburu hingga 14 pucuk dari cal 22 sp cal .300 Win Magnum.

Bob Nojo - Senior Hunter Oklahoma USA