Kendrariadi bersama koleksinya
 
Kalau kita lihat jenis babi hutan Afrika  yang dikenal sebagai Bush Pig atau Babi Semak/Alang -alang,  terlihat tidak jauh berbeda dengan babi hutan di Indonesia. Bedanya, Bush Pig ini berwarna hitam kecoklat- kekuningan, berbulu panjang lebat, termasuk telinganya juga berbulu.

Bush Pig ini banyak dijumpai di Propinsi Limpopo Afrika Selatan. Berat binatang buruan ini sekitar 150 – 300 lb.


 Bush Pig

Seperti di Indonesia, babi hutan ini juga banyak berkeliaran di sore dan malam hari. Bagi para pemburu Afrika, mendapat Bush Pig ini mempunyai kebanggaan tersendiri, bahkan melebihi Babi Hutan Warthog yang terkenal itu. Untuk itulah Trophy Bush Pig ini banyak dimintai para Pemburu Afrika sebagai penghias ruang tamunya.

Berburu Bush Pig di South Africa akan dikenakan biaya yang cukup mahal di bandingkan kalau kita berburu babi hutan di Indonesia yang “free of charge “. Untuk memburu seekor Bush Pig dikenakan biaya sekitar US$600, dua kali lipat dibandingkan Warthog yang hanya US$300. 


Penulis kebetulan mendapat seekor Bush Pig dari perburuan beberapa waktu lalu di Afrika Selatan. Memang tidak begitu besar, tapi cukup membuat “unforgettable“ Bush Pig Hunting. Salam Perburuan (Kendra Senior Hunter/Puma Group Perbakin DKI Jaya)