Sudah menjadi pengetahuan publik bahwa untuk mendalami olahraga menembak, seseorang perlu bergabung dengan klub menembak dan menjadi anggota Perbakin. Dengan menjadi anggota Perbakin rutinitas berlatih dan kemampuan seseorang dalam hal menembak akan dapat dikembangkan.

Kesalahan – akibat kekurang-pahaman – dalam menggunakan senjata api juga bisa diminimalisir, karena di sini setiap anggota dapat berinteraksi dan bertukar pengalaman dengan anggota lain yang lebih senior. Bagi mereka yang ingin menguji kemampuan  menembak pun akan tersalurkan dengan mudah.

Nah, bagaimana panduan menjadi anggota Perbakin? Berikut adalah guide yang bisa membantu Anda.

  1. Hubungilah Pengda atau Pengcab Perbakin di mana Anda berdomisili. Dari situ, mintalah informasi sebanyak mungkin.
  2. Untuk menjadi anggota Perbakin yang sah, terlebih dahulu Anda harus menjadi anggota klub atau perkumpulan menembak atau berburu. Pilih dan hubungi klub yang Anda inginkan (bisa melalui informasi dari Pengursu Daerah atau Pengurus Cabang). Bila Anda sudah menemukan klub yang cocok, penuhi persyaratan-persyaratan keanggotaan yang diwajibkan klub hendak Anda masuki.
  3. Setelah satu tahun menjadi anggota klub, keanggotaan Anda akan diproses ke Pengda atau Pengcap Perbakin, dengan syarat-syarat sebagai berikut :
    • Mengisi formulir keanggotaan.
    • Meminta rekomendasi dua orang anggota Perbakin.
    • Fotokopi KTP.
    • Surat keterangan kelakuan baik (SKKB) atau sekarang dikenal dengan sebutan SKCK.
    • Pas foto; 4x6 empat lembar, 3x4 empat lembar.
    • Sehat jasmani dan rohani yang ditunjukan dengan surat keterangan dokter.
    • Umur minimal 14 tahun (untuk atlet tembak sasaran) dan minimal 21 tahun (untuk atlet berburu).
  4. Untuk atlet berburu dan atlet Tembak Reaksi wajib mengikuti dan lulus pendidikan khusus.
  5. Berkas pengajuan keanggotaan Anda akan dikirim oleh Pengda ke Pengurus Besar (PB) Perbakin untuk diproses.
  6. Bila seluruh persyaratan telah dipenuhi, maka Anda akan mendapat kartu tanda anggota (KTA) yang dikeluarkan oleh PB Perbakin yang ditandatangani oleh ketua umum. KTA tersebut berlaku untuk jangka waktu dua tahun dan dapat diperpanjang dengan syarat-syarat tertentu.
  7. Kartu Tanda Anggota (KTA) Perbakin sebagai bukti sah Anda menjadi anggota Perbakin dan dapat digunakan untuk persyaratan pembelian senjata, peluru, mengikuti kejuaraan, dan lain-lain.
  8. (A. Kholis)