Istilah Berburu (6): Caling


Caling adalah taring babi hutan. Besarnya caling ini sangat dipengaruhi oleh umur dan jenis babi hutannya. Babi hutan di Indonesia, umumnya memiliki caling yang lebih pendek dibandingkan dengan babi hutan di luar negeri seperti di Australia.

Read more...

 

Istilah Berburu (4): Alur Babi Hutan


Yang dimaksud alur babi hutan adalah, jejak atau jalan seringkali dilalui oleh babi hutan. Babi memiliki kebiasaan yang unik dalam  menentukan  jalur  perjalanan  mencari makan -- bahkan ini pun hampir terjadi pada setiap binatang.

Read more...

 

Mengenal Spesies Babi Hutan Sumatera

Bagi Anda yang sudah terbiasa menikmati hobi berburu, tentu sudah mengenal habitat dan spesies babi hutan di berbagai daerah perburuan di Indonesia. Pernah berburu ke hutan di wilayah Sumatera? Di pulau ini mempunyai dua spesies babi hutan yang menarik untuk diketahui.

Read more...

 

Australia, Tempat Memanjakan Para Pemburu


Hobi berburu tidak terlepas dari keanekaragaman atribut atau asesoris. Kebanggaan para pemburu juga tercermin dari kesiapan mereka dalam mempersiapkan peralatan berburu, mulai dari mobil berburu, senjata, peluru, sepatu, makanan sampai dengan pakaian, serta asesoris  yang digunakan dalam perburuan.

Hal ini dapat dimengerti, mengingat medan dan cuaca tempat berburu yang berbeda dari waktu ke waktu. Perlengkapan berburu saat musim dingin akan berbeda dengan saat musim panas. Medan perburuan di hutan pun akan berbeda dengan padang. Karena itu, perlengkapan yang dibawa akan disesuaikan dengan kondisi tersebut di atas, termasuk pakaian berburu yang sesuai dengan medan perburuan saat itu.

Penulis baru saja meluangkan waktu di Australia, dan mendapat kesempatan selama sepekan melihat–lihat bagaimana para pemburu Australia mempersiapkan diri mereka di medan perburuan. Mulai dari berbagai toko senjata hingga toko-toko asesoris berburu. Untuk toko senjata, dijaga lebih ketat dibandingkan toko-toko asesoris. Hanya mereka yang mempunyai ”Appointment dan  Hunting License” yang dapat dilayani dan membeli senjata. Dan, itupun masih disertai berbagai pelaporan ke Pemerintah akan kepemilikan senjata tersebut.

Read more...

 

Istilah Berburu (3): Ranggon


Ranggon adalah tempat duduk para pemburu yang diletakkan di bagian atas mobil berburu. Ranggon biasanya dibuat dengan sistem knock down, sehingga bisa dibongkar pasang. Umumnya, setting  ranggon ini dibuat dengan besi-besi yang sudah dibuat ukurannnya sedemikian rupa sehingga nyaman untuk para pemburu. Namun, dalam keadaan “darurat” ada juga pemburu yang membuat ranggon ini dari bahan seadanya, misalnya kayu atau rotan, tergantung ketersediaan bahan yang ada.

Read more...

 
More Articles...
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>
Page 3 of 4